Tentang WBS

Tentang Whistle Blowing System

 

Di era globalisasi tuntutan keterbukaan informasi dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang berkualitas semakin tinggi. Oleh karena itu, pemerintah perlu memberikan akses yang seluas-luasnya dalam penyediaan pelayanan publik yang memuaskan masyarakat. Pelayanan publik harus disertai dengan keterbukaan informasi publik agar masyarakat dapat mengawasi sekaligus berpartisipasi dalam mengoreksi penyelenggaraan pelayanan publik.

Upaya internal pun dilakukan penyelenggara pelayanan publik dengan menerapkan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (ZI WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) sebagai bagian komitmen perwujudan Reformasi Birokrasi yang transparan dan akuntabel.

Dengan diterbitkannya Permenristekdikti No. 60 tahun 2016 tentang Pedoman Penanganan Pengaduan Whistleblower Dan Pengaduan Masyarakat Di Lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi yang mengamanatkan bahwa dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan bebas dari kolusi, korupsi, dan nepotisme, perlu diberikan akses kepada pegawai dan  /atau masyarakat untuk menyampaikan pengaduan mengenai terjadinya pelanggaran dan / atau tindak pidana di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi , memberikan landasan hukum yang kuat dalam mendorong institusi / lembaga di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi untuk lebih proaktif dalam menerapkan salah satu bentuk komitmen Zona Integritas dengan membuka akses masukan/pengaduan dari publik terkait penyelenggaraan pelayanan publik.

Aplikasi Whistle Blowing System (WBS) merupakan media informasi elektronik satu pintu meliputi penyimpanan dan pengelolaan informasi serta mekanisme penyampaian pengaduan atas pelayanan publik kepada institusi penyelenggara pelayanan dalam hal ini ISBI Bandung. Tujuan dari aplikasi Whistle Blowing System (WBS) ini adalah memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk menyampaikan pengaduan atas temuan penyimpangan dalam hal penyelenggaraan pelayanan publik. ISBI Bandung merupakan institusi pendidikan tinggi yang menempatkan dirinya dibawah naungan pemerintah berupaya mewujudkan Penyelenggaraan Sistem Informasi Pengaduan Pelayanan Publik dengan membuat sebuah aplikasi Whistle Blowing System (WBS) ISBI Bandung.

 

 

 

 

 

 

 

 

Visitors

0.png1.png1.png7.png3.png
Today5
Yesterday16
This week86
This month243
Total1173

2019-10-20

Alamat ISBI Bandung

Jl. Buah Batu No. 212 Bandung Jawa Barat  40265
Phone : (+62) 731-4982, 7315435
Website : www.isbi.ac.id
E-mail : isbi @ isbi.ac.id

Connect With Us